Pelatihan Kepemimpinan : Bagaimana Caranya Memberikan Dampak Kepemimpinan yang Berkesinambungan



Ini adalah rangkaian tulisan pelatihan kepemimpinan untuk Anda semoga bermanfaat ya.

Setelah menjadi pemimpin yang berkompeten, bagaimana untuk memberikan dampak yang berkelanjutan? Bahkan, ketika pemimpin itu sudah tidak ada lagi di organisasi tersebut, dia tetap meninggalkan warisan.


Jawabannya adalah menciptakan pemimpin-pemimpin berikutnya. Leader creates leaders.


Untuk mengembangkan calon pemimpin berikutnya, terdapat minimal tiga hal yang kita cari dari orang-orang yang ada, yaitu :


  1. Kesamaan visi

  2. Kematangan diri

  3. Kesetiaan


Kesamaan visi artinya, kita memastikan bahwa calon pemimpin berikutnya ini sependapat dengan sasaran atau tujuan yang telah ditetapkan. Apabila dia tidak searah dengan visi kita, tentu akan sulit untuk mengharapkannya mencapai tujuan tersebut.


Kualitas kedua, yang kita cari adalah kematangan dirinya. Seberapa jauh kedewasaannya dalam menghadapi berbagai persoalan, maupun relasi interpersonal yang terjadi. Salah satu cara untuk mengetahuinya adalah ketika orang tersebut kita percayakan memimpin suatu proyek. Kita lihat bagaimana dia memimpin anggotanya dan mengatasi berbagai persoalan yang terjadi. Semakin matang seseorang, akan semakin bijak dia dalam menyelesaikan permasalahannya.


Berikutnya, kita mencari sifat kesetiaan dari orang-orang yang kita evaluasi. Kesetiaan adalah sifat yang diinginkan oleh banyak pemilik bisnis. Sifat ini akan teruji dengan berjalannya waktu.


Apabila orang-orang yang ada memiliki minimal tiga kualitas tersebut, kita telah menemukan calon-calon potensial pemimpin berikutnya. Langkah selanjutnya adalah mengembangkan calon pemimpin ini. Kita memupuk dengan tekun, supaya kompetensi mereka bisa terus semakin berkembang. Sehingga tiba saatnya nanti, mereka yang akan menjadi pemimpin penerus berikutnya.



Siklus Leader Creates Leaders



Kita bisa menggunakan siklus sistem untuk mengembangkan pemimpin berikutnya. Dari gambar ini kita melihat, untuk menciptakan pemimpin masa depan, kita memberikan tanggung jawab sesuai kapasitas dan kondisi mereka masing-masing. Proses membimbing dan memberikan kepercayaan secara bertahap, akan mengasah kompetensi calon pemimpin yang ada.


Lalu kita mengevaluasi dan memberikan umpan balik, atas perkembangan kompetensi mereka. Setiap orang mempunyai potensinya masing-masing untuk dikembangkan. Evaluasi ini dilakukan secara komprehensif seutuhnya, baik itu mencakup sisi pengetahuan, keterampilan dan sikap atau motivasinya.


Dan yang terpenting, pemimpin harus memberikan teladan sendiri kepada orang-orang ini. Proses ini merupakan suatu siklus yang terus berputar dan dalam setiap siklus merupakan bahan evaluasi atas kemajuan calon pemimpin ini. Semangatnya adalah perbaikan dan peningkatan diri yang terus-menerus.


Praktisnya, dalam proses pengembangan pemimpin berikutnya ini ada beberapa hal yang dapat kita lakukan, yaitu:


  • Menjadi teladan

  • Lakukan evaluasi dan umpan balik kondisi mereka secara komprehensif Meliputi: pengetahuan, keterampilan dan sikap serta motivasinya.

  • Memberikan kepercayaan dan wewenang secara bertahap


Bagaimana pendapat Anda?





  • YouTube
  • Instagram
  • Facebook
  • Twitter
FREE Ebook
Overview of Conversational Intelligence (C-IQ)

© 2018-2020 Solafide Consulting Indonesia. All Rights Reserved.