Apa itu Conversational Intelligence (C-IQ)



Ini adalah seri tulisan pelatihan kepemimpinan. Selama ini kita mengenal berbagai tipe-tipe kecerdasan. Mulai dari kecerdasan intelektual, yang kita kenal dengan IQ, hingga kecerdasan emosional (sering kita sebut EQ). Ada pula kecerdasan spiritual (atau SQ). Masing-masing kecerdasan ini memberikan suatu kemampuan yang unik demi kesuksesan diri kita.


Kini, ada satu lagi tipe kecerdasan yang bersifat universal dan berbeda dari tipe-tipe diatas, yang sebenarnya telah dimiliki oleh setiap orang namun belum disadarinya. Yakni, Conversational Intelligence, atau sering disingkat menjadi C-IQ. Istilah ini pertama kali dikenalkan oleh Judith Glaser, dari hasil riset yang telah dilakukannya selama kurang lebih 30 tahun terakhir. Conversational Intelligence bersumber dari riset dan terobosan terbaru dari ilmu neuroscience, yaitu bidang ilmu yang mempelajari sistem saraf atau sistem neuron manusia.


Tahun 2016 majalah Inc,. majalah terkemuka di Amerika dalam bidang entrepreneurship, menuliskan bahwa Conversational Intelligence merupakan salah satu dari Top 5 Tren dalam keunggulan bersaing di masa depan. Dan, dalam beberapa tahun terakhir ini Conversational Intelligence telah berkembang pesat dan semakin banyak dimanfaatkan oleh berbagai perusahaan kelas dunia. Kecerdasan ini mempunyai kekuatan yang dahsyat untuk menguatkan sebuah relasi atau hubungan, mentransformasi tim, dan membentuk masa depan perusahaan kita demi kesuksesan bersama.


Conversational Intelligence terdiri dari 2 kata, yakni: conversation yang artinya percakapan, dan intelligence yang berarti kecerdasan. Jadi kalo diterjemahkan secara praktis menjadi percakapan yang cerdas. Inti dari riset ini mengatakan bahwa kualitas dari percakapan kita akan menentukan kualitas hidup kita. Kemampuan ini sebenarnya sudah ada di dalam diri kita, bukan suatu hal yang baru. Esensi kecerdasan ini dimulai dari membangun trust (kepercayaan) dan ujungnya adalah menghasilkan kualitas interaksi yang lebih baik dengan orang lain.


Melalui blog ini saya ingin mengenalkan Conversational Intelligence di Indonesia, supaya semakin banyak orang Indonesia yang merasakan manfaatnya demi mencapai kualitas hidup yang diinginkan.


Bila Anda mempunyai kepedulian yang sama dengan saya, silahkan like, comment dan share ya. Terima kasih.


#conversationalintelligence #conversationalintelligenceindonesia #keunggulanbersaing #competitiveadvantage #komunikasiefektif #effectivecommunication #leadershiptraining #pelatihankepemimpinan #pelatihansdm #pelatihanmanajemen #pelatihbisnis #businesscoach #kecerdasanemosional #EQ #jimmysudirgo